JATIM Waspada Potensi Gempa dan Tsunami dari Laut ‘Kidul’

Tidak hanya Malang yang terkenal dengan keindahan object wisata alamnya, khususnya pantai selatan daerah Kabupaten Malang. Saat ini Kabupaten Malang menjadi salah satu daerah berpotensi gempa dan tsunami dari laut ‘kidul’ (selatan).

Sebagaimana diungkapkan oleh Ma’muri, Kepala BMKG (Badan Meteoro-logi Klimatologi dan Geofisika) di Stasiun Geofisika Malang, menerangkan bahwa terdapat tiga yang penyebab gempa bumi di wilayah Jawa Timur, yakni salah satunya gempa yang berasal dari subduksi lempeng Indo-australia dan Eurasia di wilayah laut kidul pulau Jawa. 

Selain itu, BPBD Jawa Timur juga mengatakan bahwa terdapat 8 daerah Kabupaten yang menjadi titik rawan tsunami dengan risiko tinggi. Sebagaimana hasil riset BMKG dan beberapa mitra perguruan tinggi, apabila terjadi gempa dengan kekuatan M 8,2 berpotensi tsunami dengan ketinggian mencapai kurang lebih 20 meter, maka 8 daerah Kabupaten terdekat menjadi wilayah terdampak, antara lain: Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *