Ikan Koi – Primadona Pembawa Keberuntungan

Ikan koi, jenis ikan yang sedang trending ini dijuluki ‘ikan pembawa keberuntungan’. Bagi para pecinta ikan hias, ikan koi tidak akan terlewat dari koleksinya. Corak yang indah pada bagian tubuhnya memiliki nilai tersendiri dengan berbagai banyak jenis dan harga yang variatif.

Di ‘Negeri Matahari Terbit’, Jepang, ikan melambangkan cinta dan persahabatan. Konon kaisar Jepang senang sekali ketika memelihara ikan koi, suatu ketika kaisar melihat tingkah laku yang aneh pada ikan koinya. Ikan itu melompat-lompat seperti ingin keluar dari kolam, kemudian oleh kaisar ikan itu dibawa keluar istana. Setelah kaisar keluar dengan membawa ikan koi kesayangannya itu, terjadilah gempa yang sangat dashyat, dan kisar selamat karena berada diluar halaman kerajaan. Itulah awal mengapa ikan koi disebut ikan ‘Pembawa Keberuntungan’ dan berharga mahal. Para Samurai di Muromachi menghargai ini sebagai simbol keberanian dan usaha keras/pantang menyerah.

Legenda lain berasal dari China. Tepatnya di sungai kuning (Huang Ho), dimana anak-anak ikan koi harus berenang dari muara menuju hulu sungai yang menyebrangi dataran China, ikan itu mendaki air terjun-air terjun curam di pegunungan ‘Jishishan’ hingga mencapai pusat hulu sungai Huang Ho gunung Kunlun. Apabila ikan Koi tersebut berhasil mencapai sumber yang mengaliri sungai Huang Ho, maka ikan koi tersebut akan berubah menjadi Naga. Karena inilah bagi masyarakat China ikan koi yang legendaris ini dijadikan lambang kesuksesan. Dalam mitologi ‘Fengshui’ China ikan koi dipercayai dapat memberikan bagi si pemilik, selain itu dengan memelihara koi dipercaya bahwa si pemilik akan memiliki putra putri yang cerdas dan berhasil di masa yang akan datang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *