PPKM Level-4 Fix Diperpanjang 3-9 Agustus 2021, ini Penjelasan Presiden RI

Perbincangan dan rasa penasaran publik mengenai kebijakan PPKM level-4, diperpanjang atau tidak, sejak kemarin telah menggema di tanah air. Hari ini, 2 Agustus 2021, Presiden Republik Indonesia mengumumkan keputusan terkait lanjutan PPKM level-4.

Presiden RI, Joko Widodo, sangat mengapresiasi kinerja tenaga kesehatan, perawat dan dokter yang menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus Covid-19 di seluruh tanah air. Selain itu, pemerintah juga berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah memiliki pengertian dan mendukung kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini.

Saat ini pemerintah sedang dalam dilema antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa masyarakat Indonesia akibat Covid-19 dan ancaman ekonomi, dimana masyarakat terancam kehilangan mata pencaharian dan pekerjaannya selama pendemi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, di awal pidato pengumuman kebijakan lanjutan PPKM level-4 dari istana Negara. Untuk itu pemerintah perlu memperhatikan kondisi perkembangan penyebaran Covid-19 ‘di hari-hari terakhir’ guna memastikan apakah pemerintah harus memperketat ataukah melonggarkan derajat mobilitas publik di lapangan.

Joko Widodo menegaskan bahwa “kebijakan pemerintah RI dalam penanganan Covid-19 ini akan bertumpu pada 3 pilar utama, yakni (1) kecepatan vaksinasi, terutama pada wilayah-wilayah yang menjadi mobilitas dan kegiatan ekonomi; (2) penerapan 3M secara masif di seluruh komponen masyarakat; (3) kegiatan testing, stressing, isolasi dan trestment secara masif. Dengan demikian, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan PPKM level-4 pada tanggal 3-9 Agustus 2021 di beberapa Kota/Kabupaten tertentu.”

Kebijakan ini dilakukan dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi di daerah masing-masing, terang Joko Widodo dalam pidatonya. Teknis penerapannya akan di tindaklanjuti oleh para menteri terkait.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *