1443 Hijriyah, Do’a Awal-Akhir Tahun Baru Islam

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengumumkan bahwa tahun baru Islam jatuh pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021, akan tetapi hari libur tahun baru hijriyah digeser pada tanggal 11 Agustus 2021, “Perubahan ini tertuang dalam Keputusan bersama Menag, Menaker, dan Menpan RB No 712, 1, dan 3 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menpan dan RB No 642, 4, dan 4 tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.”ungkap Kamarudin Amin.

Seperti yang kita ketahui bersama, bulan Muharram adalah bulan yang itimewa bagi umat islam, selain menjadi bulan pertama pada penanggalan Qomariyah, pada bulan muharram juga nabi Muhammad SAW pertama kali hijrah ke Madinah. Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa pada bulan Muharram seperti yang dijelaskan dalam hadist sohih no. 1379 yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Rasulullah bersabda:

اَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Artinya: “Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan allah, yakni Muharram”

Ada banyak sekali keutamaan-keutamaan yang disunnah dalam bulan Muharram dan dijelaskan di beberapa redaksi dan mengatasnamakan sabda nabi SAW, namun jangan sampai kita terkecoh karena banyak sekali hadist-hadist dhoif, cukup berpegang teguh saja pada hadist sohih seperti yang tertera diatas, bahwa puasa pada bulan Muharram adalah puasa yang istimewa, serta marilah kita perbanyak amal sholih kita sebab pada bulan ini pahala dari amalan solih bertambah 2 kali lipat. Selain itu ada doa yang dapat dipanjatkan dikutip dari kitab Majmu’ah Mubarokah Pondok Pesantran Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik..

Do’a Akhir Tahun

بسم الله الرحمن الراحيم. وَصًلّى اللّه على سَيِّدنَا مُحَمَّدٍ وعلى الهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ. وَصًلّى اللّه على سَيِّدنَا مُحَمَّدٍ وعلى الهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم

Artinya: “Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahanMu sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karenanya aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. Ya Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun

بسم الله الرحمن الراحيم. وَصًلّى اللّه على سَيِّدنَا مُحَمَّدٍ وعلى الهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم.اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ. وَصًلّى اللّه على سَيِّدنَا مُحَمَّدٍ وعلى الهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم.

Artinya: “Ya Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karuniaMu yang besar dan kemurahanMu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepadaMu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolonganMu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. KepadaMu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmatMu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *