Kemalisme: Reformasi Turki Dalam Cengkraman Mustafa Kemal Attarturk

Menelisik ke timur tengah Negara dengan julukan bulan sabit (Ay-Yıldızlılar) yaitu Turki. peradaban dari negara ini menjadikan pusat perhatian peradaban islam pada masa itu mulai dari gerakan politik, pemerintahan, ekonomi, sosial budaya serta ilmu pengetahuan, pergantian kepemimpinan Turki juga mengalami pasang surut daerah kekuasan sistem pemerintahan yang dinamis.

Jauh pasca kejayaan Turki Tua (Golongan Tua) pada tahun 1908 kaum Turki muda melakukan gerakan yang di sebut (Tanzimat) dengan merebut kekuasaan dari Khalifah Abdul Hamid II. Sehingga perhelokan ini mengabikatkan carut marutnya kekhalifahan Abdul Hamid II.
Militeriasai di negara Turki menjadi kekuatan organisasi Vatan ve Hurriyet (Tanah Cairan dan Kemerdekaan) organisasi tersebut terhimpun para pewira-pewira yang menginginkan pembaharuan dan menjadikan salah satu organisasi penentang aktif Kekhalifahan Ottoman 1907. Salah satu dari mereka ada sosok Letnan yaitu Mustafa Kemal.

Mustafa Kemal lahir pada 1881 di Selanik Ottoman (kini di kenal Thessaloniki di Yunani), ketika genap usia 12 tahun, beliau masuk di sekolah militer di Selanik dan Manastur (kini Bitola), dua lembaga militer ini pusat nasionalisme Yunani yang anti-Turki. Pada masa Kekhalifahan Abdul Hamid II Mustafa Kemal dimanahkan menjadi tokoh militer senior dengan prestasi dan gerakannya yang dipandang sangat progresif di masa Abdul Hamid II.

Bersama pasukan militer Turki Mustafa Kemal dikirim untuk beperang melawan pasukan sekutu Inggirs, Prancis dan ANZAC dalam Petempuran Gallipoli pada April 1915. Dari sini beliau diangkat pangkatnya dijadikan Brigadir Jendral dan memperoleh gelar Pasha, sehingga memperoleh pengaruh yang semakin luas dalam upaya-upaya peperangan. Pada 1917 dan 1918 Mustafa Kemal pasca kemenangan peperangan melawan Rusia. Hal ini menjadikan beliau melawan Khalifah Ottoman dan melepas semua jabatan hingga kedudukanya. Pada 1918 Oktober Kekhalifahan Ottoman menyerah kepada sekutu, dan Mustaka Kemal dijadikan aib seseorang pemimpin komandan militer dan memilih bagi mempertahankan wilayah yang bertambah kurang sama dengan yang dikuasai oleh Turki sekarang, sementara setuju bagi mengundurkan diri dari seluruh wilayah lainnya.

Emansipasi Turkti pasca keruntuhan Kekhalifahan Ottoman menjadikan kaum Turkti revolusioner bangkit dan menduduki pemeritahan. Tepat di tahun 1921 Kekhalifahan Ottoman secara resmi ditiadakan dan pada tahun 1923 Turki dijadikan Republik Sekular dengan Mustafa Kemal sebagai presidennya. Beliau yang belakang sekali membangun rezim satu partai yang hampir tidak terinterupsi hingga tahun 1945.

Mustafa Kemal yang belakang sekali memulai program revolusioner di anggota sosial dan reformasi politik bagi memodernisasi Turki. Perubahan perubahannya termasuk emansipasi bagi perempuan, penghapusan seluruh Institusi Islam dan pengenalan pada kode hukum Barat, pakaian, kalender, serta alfabet, mengganti seluruh huruf Arab dengan huruf Latin, dan juga melakukan perubahan-perubahan lain, sosial, budaya, ekonomi dll.

Kemalisme adalah sosok faham yang sangat popoler pada masa pemerintahan Mustafa Kemal, Kemalisme, yang juga dikenal dengan sebutan Atatürkisme, atau Enam Anak Panah, adalah ideologi pendirian Republik Turki. Kemalisme, seperti yang diimplementasikan oleh Mustafa Kemal Ataturk, didefinisikan dengan reformasi pembersihan politik, sosial, budaya dan agama yang dirancang untuk memisahkan negara Turki baru dari pendahulu Utsmaniyah-nya dan menerapkan cara hidup yang di-Westernisasi-kan, termasuk pendirian demokrasi, kesetaraan sipil dan politik untuk wanita, sekularisme, dukungan negara terhadap ilmu pengetahuan dan pendidikan bebas, yang beberapa diantaranya pertama kali diperkenalkan ke Turki pada masa kepresidenan Atatürk dalam reformasi-reformasinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *