Perang Baliho: Gus Dur, Lebih Dahulu Tanyalah Apa yang Harus Diperbuat Bangsa ini?

Ketika negeri ini disemarakkan dengan banyaknya pemasangan baliho para politisi di sudut-sudut perempatan dan pertigaan jalan raya, mungkin kita berfikir hal yang sama atau identik soal itu. Untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas, selain media sosial baliho dipandang menjadi alternatif yang cukup strategis untuk melakukan pencitraan. Meskipun demikian juga terdapat beberapa politisi yang justru merasa tidak terlalu perlu menonjolkan eksistensinya melalui media baliho di jalan-jalan.

Sepintas sahabat notula diingatkan dengan pernyataan-pernyataan mantan Presiden RI ke-4, KH. Abdurrahman Wahid/Gus Dur pada saat talk show KICK ANDY Metro-TV 10 tahun lalu.

Kick Andy menanyakan kepada Gus Dur di tengah sesi talk shownya, “…Siapa tokoh yang anda anggap pantas untuk memimpin bangsa ini ke depan ini Gus?” Spontan Gus Dur menjawab, “Lebih dulu tanyalah, apa yang harus diperbuat bangsa kita? Bangsa kita ini paling kaya di dunia, kok jadi paling ‘melarat’ sekarang.”

Gus Dur juga mengatakan bahwa ada dua tokoh politik nasional yang paling bertangggungjawab dalam pencopotannya sebagai Presiden kala itu. Untuk itu pun Gus Dur juga merasa tidak perlu melakukan klarifikasi terkait hal itu, “… besok-besok akan terbukti oleh bangsa ini sendiri.”

Dari sini dapat dipahami pentingnya keseriusan para politisi negeri ini untuk membangun bangsa dan negara dengan mengerucutkan kepentingan politik praktis mereka ketika sudah berada pada kursinya ke ranah politik kebangsaan.

Komentar

One thought on “Perang Baliho: Gus Dur, Lebih Dahulu Tanyalah Apa yang Harus Diperbuat Bangsa ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *