LIPI: Program Beasiswa Berbasis Riset 2021

Seiring bejalannya waktu perkembangan kemampuan nasional IPTEK, kelembagaan ilmiah di indonesia sendiri mengalami petertumbuhan dan perkembangan.  Oleh karena itu menyikapi hal tersebut, peninjauandan penyesuaiantugas pokok dan fungsi untuk mempertahaankan bidang IPTEK indonesia membentuk instansi bidang IPTEK yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

LIPI dibentuk dengan tujuan untuk 1. Peningkatan temuan, terobosan dan pembaharuan ilmu pengetahuan serta pemanfaatannya dalam mewujudkan daya saing bangsa, 2. Peningkatan nilai tambah dan kelestarian Sumber Daya Indonesia, 3. Peningkatan posisi dan citra Indonesia di komunitas global dalam bidang ilmu pengetahuan, 4. Peningkatan budaya ilmiah masyarakat Indonesia.

Lembaga penenliti pertama, terbesar dan terbaikdi Indonesia dominasi yang diberikan negara kepada LIPI. Dalam bidang penelitian LIPI memberikan peluang bagi calon-calon peneliti di Indoensia dengan menawarkan program besiswa berbasis riset (Program By Research). Program belajar berbasis riset (Degree by Research) dilaksanakan pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program belajar berbasis riset (Degree by Research). Pilihan program studi jenjang S2 dan S3 berbasis riset pada masing-masing perguruan tinggi penyelenggara dapat dilihat pada laman resmi perguruan tinggi, antara lain:

  1. Universitas Indonesia (https://simak.ui.ac.id) Jenjang S2 (Magister) & Jenjang S3 (Doktor)
  2. Institut Pertanian Bogor (https://pmbpasca.ipb.ac.id) Jenjang S2 (Magister) & Jenjang S3 (Doktor)
  3. Institut Teknologi Bandung (https://usm.itb.ac.id) Jenjang S2 (Magister) & Jenjang S3 (Doktor)
  4. Univesitas Padjadjaran (https://smup.unpad.ac.id) Jenjang S2 (Magister) & Jenjang S3 (Doktor)
  5. Institut Teknologi Sepuluh November (https://smits.its.ac.id) Jenjang S2 (Magister) & Jenjang S3 (Doktor)
  6. Universitas Gadja Mada (https://um.ugm.ac.id) Jenjang S2 (Magister) & Jenjang S3 (Doktor)

Sejalan dengan peran dan fungsi sebagai lembaga penelitian, maka peningkatan kapabilitas dan kualifikasi SDM Iptek pada institusi penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian dapat dilakukan selaras dengan target penelitian yang ditetapkan, serta kolaborasi dan pelaksanaan pendidikan formal dengan perguruan tinggi. Kebutuhan untuk menyelaraskan tema riset yang dilakukan, dengan muatan dan substansi pendidikan formal, dalam kurikulum program belajar berbasis riset (Degree by Research)

Notula Humanist Center bukan bertindak sebagai panitia program beasiswa. Sehingga jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Program Beasiswa By Research LIPI  dapat menghubungi kontak berikut:

LIPI Pusat

Sasana Widya Sarwono (SWS)

Jl. Jend. Gatot Subroto 10, Jakarta 12710

Pusbindiklat LIPI

(021) 8752824

Pusbindiklat@mail.lipi.go.id, atau byreserach@mail.lipi.go.id

Ketentuan bisa download https://intra.lipi.go.id/public/uploads/kegiatan/2021/1611892803.pdf

http://byresearch.lipi.go.id/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *