Nekat Tinggalkan Afghanistan, Ikat diri di Roda Hingga Terjatuh dari Pesawat

Beredar video mengerikan yang menunjukkan 3 penumpang gelap terjatuh setinggi puluhan meter dari pesawat militer milik Amerika Boeing C-17 Globemaster III di bandara Kabul, ketiga warga tersebut tewas mengenaskan. Warga yang berkerumun dibandara melihat pemandangan mengerikan ini dengan perasaan iba. Hal ini terjadi setelah peristiwa Taliban yang berhasil merebut kekuasaan di Afghanistan yang membuat warga Afghanistan putus asa dan berbondong-bondong ingin meninggalkan Negara tercinta mereka karena tidak mau dipimpin oleh kelompok yang memandang agama mereka dengan ekstrim. Melansir The sun, ada kurang lebih 7 orang tewas saat berebut untuk masuk kedalam pesawat, mereka berdesak-desakan ingin menaiki pesawat hingga ada yang terinjak. Tentara AS sempat melepaskan tembakan saat melihat banyaknya warga yang memanjat tembok dan menerobos pagar berduri untuk naik pesawat saat pesawat lepas landas. Warga bersikukuh ingin meninggalkan Afghanistan. Bahkan beberapa di antaranya memaksa mengikat dirinya ke pesawat meski sangat berisiko. Kebanyakan dari mereka adalah pria muda.

“Ratusan orang duduk di landasan menolak untuk pergi dengan harapan bisa terbang keluar dari neraka,” lapor Sudhir Chaudary.

Pejabat AS mengungkapkan bahwa kerumunan warga di bandara Kabul diluar kendali, tembakan oleh militer AS hanya untuk meredakan kekacauan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *