Mengejutkan Dunia, Taliban Rebut Kekuasaan: Ini 5 Janji Manis untuk Afghanistan

Kali ini dunia dihebohkan dengan berita dari Afghanistan, pada tanggal 15 Agustus 2021 lalu, Negara dengan julukan Graveyard of Empires atau kuburan para kerajaan ini berhasil direbut kembali oleh kelompok Taliban. Dalam waktu sepekan, Taliban berhasil mengambil alih istana kepresidenan di ibukota Kabul, sedangkan presiden Afghanistan Ashraf Ghani dikabarkan kabur entah kemana dengan alasan menghindari pertumapahan darah, warga Afghanistan berusaha menyelamatkan diri dengan meninggalkan Afghanistan.

Melihat masyarakat Afghanistan yang ketakutan, Taliban memberi pernyataan bahwa mereka akan berperilaku baik dan positif untuk Afghanistan. Dikutip dari AFP, ada 5 janji manis Taliban untuk Afghanistan.

  1. Perempuan memiliki hak bekerja dan belajar
  2.  Memberikan pengertian dan maaf kepada semua orang yang tidak berpihak dan melawan Taliban, termasuk pejabat, polisi, dll.
  3. Menjamin keamanan pemerintahan dan organisasi-organisasi asing
  4. Tidak ada Negara lain yang akan dilawan
  5. Tidak ada Transaksi Narkoba

Kelima janji manis tersebut disampaikan oleh Juru bicara Zabihullah Mujahid pada Selasa (17/8/2021) dalam acara konferensi pers pertama mereka. Sedangkan banyak pihak yang meragukan janji-jani Taliban mengingat dulu Taliban pernah memimpin Afghanistan pada tahun 1996-2001, yang mana hak-hak perempuan ditindas, mereka dilarang sekolah dan berkontak dengan laki-laki bukan muhrim, jika terjadi pelanggaran, mereka akan mendapat hukuman berat setara dengan hukuman berzinah.

Namun untuk saat ini, Taliban mengaku akan bersikap lebih adil dengan mengeluarkan peraturan pemerintahan yang berbeda dengan peraturan dimasa lalu.

Taliban juga mengatakan, daerah-daerah yang ada dibawah naungan Imarah Islam (Taliban) harus menjalani kehidupan dengan normal baik dari segi pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan akan dijamin keamanannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *