Prof. Dr. H. Sugianto, SH., MH: Profesor Hukum Visioner dari Kota Wali, Berpotensi Jadi Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2023-2027

Prof. Dr. H. Sugianto, SH., MH. adalah seorang Guru Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang visioner. Beliau lahir di sebuah Desa terpencil di kabupaten Indramayu 08 Pebruari 1967, Pendidikan SDN, SMPN, SMAN di Indramayu dan melanjutkan S1, S2 DAN S3 DI Luar tempat kelahiran “ (Indramayu )“ Pasca lulus S1 sudah di Cirebon sampai dengan sekarang sebagai Dosen, Awalnya sebagai Tetap Fakultas Hukum Untag Cirebon dan tahun 2004 sampai sekarang sebagai Dosen PNS pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Fungsional “ Lektor Kepala “, di samping itu juga ngajar di beberapa PTS sesuai Kompetensi keilmuan yang di miliki. Dengan kesibukan sebagai Dosen namun tidak menyurutkan selalu keingainan mencari ilmu dan pengalaman, dan tahun 2016 bulan Maret s/d September mengikuti Diklat PPRA Lemhannas RI di Jakarta. Pada tahun 2020 beliau dikukuhkan sebagai Profesor (Guru Besar) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Selain beberapa karya ilmiahnya berupa buku referensi dibidang hokum, prestasi-prestasi praktis beliau antara lain:

  • Mengawal pengembangan kampus IAIN Syekh Nurjati 18 hektar melalui hibah tanah asset Pemerintah Daerah Indramayu Jawa Barat.
  • Bantuan Dana Rp. 10 Miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pembelian asset tanah seluas 4,9 hektar di Blok Ciputat Kecamatan Terisi Indramayu 2018-2020.
  • Mengawal program hibah tanah asset daerah Pemerintah Daerah Indramayu Jawa Barat untuk pengembangan embarkasi haji Kementerian Agama RI di Loo Bener Kecamatan Jati Barang Indramayu seluas 10 hektar 2018-2019.
  • Ketua Prodi Pascasarjana S2 & S3 Hukum IAIN Syekh Nurjati

Komitmen yang tinggi bagi beliau adalah berupaya menjadikan IAIN Syekh Nurjati Cirebon lebih konpetitif, unggul dan dapat diandalkan dengan kolaborasi dengan semua, membuka jaringan seluas-luasnya agar IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi referensi kemajuan dan leader bagi perguruan tinggi lainnya.  Hal prinsipil yang mendasari beliau dalam memajukan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ialah “dengan kebersamaan kita bias meraih kemajuan.” Tahun 2023 diproyeksikan Prof. Dr. H. Sugianto, SH., MH akan mencalonkan diri sebagai Rektor IAIN Syekh Nurjati dengan Visi “Mewujudkan Kearifan Lokal Berwawasan Global” untuk masa jabatan 2023-2027.

Koneksi pribadi beliau sebagai akademisi dibidang hokum dengan stakeholder menjadi kelebihan tersendiri dalam membangun jaringan untuk memajukan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sebagaimana Kapolres Cirebon, AKBP. M. Fahri Sinegar mengatakan bahwa “Prof. Dr. H. Sugioanto, SH., MH adalah sosok guru yang sangat baik yang juga telah mengajarkan kami banyak hal sejak kami pertama kali menjabat sebaga Kapolres Cirebon.” Kedekatannya dengan FORKOPIMDA Kabupaten Cirebon secara emosional tergambarkan dalam pernyataan-pernyataan pengakuan mereka terhadap Prof. Dr. H. Sugioanto, SH., MH. Selain Kapolres Cirebon, Kombespol. Yani Sudarto, Direktur ResKrim POLDA Jawa Barat, H. Umaryadi (KAJARI Kota Cirebon), Brigjen TNI Bahram (Inspektur Divisi 2 Kostrad), Prabiyanto Mukti Wibowo (KOMNASHAM RI), Hakim Mahkamah Agung RI.

Tidak hanya dari kalangan pemerintah dan petinggi Negara saja yang memberi pengakuan tentang pribadi beliau yang baik. Di kalangan kolega sivitas akademika IAIN Syekh Nurjati juga sangat familiar dengan ke-supel-an beliau tanpa membeda-bedakan status profesinya di lingkungan IAIN Syekh Nurjati. Misalnya saja, Edi Karmadi, salah satu Satpam di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menilai bahwa Prof. Dr. H. Sugianto, SH., MH sangat care dengan kita dan tidak enggan untuk merangkul semua kalangan tanpa memandang status jabatannya, seperti kita para satpam sangat akrab dengan beliau.

Teriring harapan besar dari para sahabat beliau bahwa ke depan Prof. Dr. H. Sugianto, SH., MH menjadi pemimpin yang berorientasi untuk memajukan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkemajuan.

Selain itu, Prof. Sugianto juga merupakan pegiat aktif di organisasi pesantren nasional. Beliau adalah salah satu anggota Dewan Penasehat Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI). Sebagaimana pernyataan Dr. Muhammad Hermansyah, Sekjend DPP IPI, bahwa Prof. Sugianto dikenal sebagai figure santri akademisi yang aktif memberikan arahan dalam upaya pengembangan organisasi IPI. Salah satu espektasi Prof. Sugianto terhadap pesantren-pesantren di Indonesia adalah perlu adanya dorongan bagi para santri agar dapat menyebar dalam penguasaan keilmuan dan kompetensinya. Santri tidak harus bertumpu pada keilmuan keagamaan saja, tetapi santri harus ada yang mebidangi keilmuan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *