Mahasiswa KKN 12 Universitas Yudharta Pasuruan Prakarsai Pawai Obor Perdana 1 Muharram 1445 Hijriah di Desa Sedarum Nguling Pasuruan

Pasuruan, 19 Juli 2023 – KKN kelompk 12 Universitas Yudharta Pasuruan sukses menggelar acara Pawai Obor Pertama di Desa Sedarum, Nguling, Pasuruan. Acara yang diadakan untuk memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam ini diramaikan oleh anak-anak dari Madrasah Diniyah Miftahul Ulum, TPQ Al-Hidayah, TPQ Al-Ibrahim, TPQ Al-Maslahah dan TPQ Baitur Rohim. Pawai Obor ini berlangsung meriah dan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi semua yang hadir.

Sebelum pelaksanaan pawai, Seluruh anggota KKN beserta perangkat desa Sedarum berkumpul di Balai Desa dan membaca Qosidah Burdah yang dipimpin langsung oleh Tokoh Agama Setempat . Selesai pembacaan Burdah, para panitia Bersiap memulai Acara pawai dimulai dengan menyalakan obor didepan halaman rumah warga.

Pawai Obor dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dengan rute dari pelataran TPQ Al-Ibrahim sampai Balai Desa Sedarum. Sepanjang pawai, anak-anak diajak melantunkan sholawat nabi  diiringi oleh terbangan yang dibawakan oleh anggota KKN kelompok 12. Hal ini melambangkan doa agar Masyarakat Sedarum senantiasa dibeikan perlindungan oleh Allah SWT dari berbagai macam bala’ dan penyakit.

Warga sekitar tampak bersemangat menyambut kedatangan rombongan pawai. Mereka menyaksikan dengan kagum dan antusiasme yang tinggi, mengingat inilah pawai obor pertama yang pernah diselenggarakan di desa Sedarum. Beberapa warga terlihat merekam para rombongan pawai dan beberapa warga yang lain bahkan terlihat ikut bergabung dan berjalan bersama peserta pawai, menciptakan suasana keakraban yang tak terlupakan.

Tidak hanya pawai obor, acara peringatan 1 Muharrom 1445 H ini turut diramaikan oleh penampilan spesial dari grup Al-Banjari Al-Abror yang beranggotakan anak-anak Madrasah Diniyah Miftahul Ulum dari desa Sedarum. Setelah membawakan 2 Sholawat, hiburan dilanjutkan dengan pertujukan Seni Bela Diri Pencak Silat oleh kakak-kakak KKN 12 Universitas Yudharta Pasuruan. Tidak hanya itu, acara hiburan ditutup dengan atraksi Sembur Api yang diadakan di pelataran Balai desa.

Panitia acara KKN 12 Universitas Yudharta Pasuruan menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya Pawai Obor ini. Dengan semangat kebersamaan dan kegembiraan, acara ini tidak hanya menjadi perayaan tahun Baru Islam, tetapi juga menjadi wujud nyata kontribusi positif perguruan tinggi terhadap masyarakat sekitar.

Acara perayaan 1 Muharrom ini ditutup dengan pembacaan doa awal tahun yang dipimpin oleh Ustadz Saiful, salah satu tokoh agama di Desa Sedarum. Kegiatan ini tentunya akan memberikan kenangan indah dan motivasi untuk terus berkarya dalam mengabdi kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial. Semoga Pawai Obor tahun depan dapat berlangsung dengan lebih meriah lagi, membawa harapan dan inspirasi bagi lebih banyak orang. Terangnya obor, semangat kami!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *